Skip to main content

Kemuliaan Menghafal Al-Qur'an di Bulan Ramadhan

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh..


Halo sahabat eksis yang insya Allah selalu di rahmati oleh Allah SWT.
Apa kabar nih sekarang??
Semoga selalu sehat selalu ya.. hehehe..
kalian ikut nggak kegiatan tabligh akbar kemarin?? pasti ikut kan yah... hehehe

oh ya kali ini admin mau meringkas kegiatan tabgligh akbar kemarin nih..
yuk baca sekarang....

👳🏻‍♀: Ust. Deden (juara 1 MTQ International,  hafal Al- Qur'an 30 juz hanya 2 bulan)
🕌 : Masjid Ulul Albab Unnes

*Menghafal Al-Qur'an adalah kemewahan,  Membaca Al-Quran adalah kebutuhan*

Untuk mengamalkan Al-Qur'an cukup dengan memahami isi dan membacanya. Tetapi lebih istimewa apabila dengan menghafalkannya. Yang ingin mulia dan istimewa maka Hadirkan ayat-ayat  Al-Qur'an di hati kita. Mengamalkan Al-Qur'an itu kewajiban bagi siapapun, baik yang penghafal Al-Qur'an maupun yang bukan penghafal Al-Qur'an.
Apabila ada Penghafal Al-Qur'an tetapi tidak mengamalkan isi dari  Al-Qur'an ibarat saldo uang di bank yang tidak pernah diambil/digunakan selamanya.. Menumpuk tetapi tidak berguna. Contohnya Kelompok Hawarij yang menjadi sesat akibat paham dan hafal Al-Qur'an tetapi tidak mengamalkan isinya. Maka jangan bandingkan antara penghafal Al-Qur'an dengan yang tidak. Bisa jadi, yan tidak menghafal Al-Qur'an lebih banyak mengamalkan isi dari Al-Qur'an.

Ada 2 pola dalam Menghafal alquran :
  • pola ulama salaf (zaman thabiin) yaitu memahami dahulu, mengamalkan baru menghafalkan. Diceritakan sahabat nabi Umar bin Khattab menghafal surat Al-Baqarah selama 12 tahun. Mengapa? Karena beliau memahami Al-Qur'an terlebih dahulu dan menikmati prosesnya sehingga lama kelamaan hafal.
  • pola ulama kalaf yaitu menghafal dulu baru memahami dan mengamalkan.
Imam Syafii usia 7 tahun sudah hafal Al-Qur'an 30 juz.
Ketika seseorang menghafal Al-Qur'an dengan cepat maka tidak menjadikan orang itu menjadi hebat. Tetapi, Al-Qur'an lah yang menjadi mukjizat untuk dirinya.

Strategi Ust. Deden hafal Al-Qur'an dalam waktu 2 bln yaitu jangan pernah sekalipun menambah hafalan ayat Al-Qur'an kalau belum memurojaah semua hafalan sebelumnya.

Tips hafal cepat menurut Ust. Deden yaitu :
1. Niatkan dengan sungguh-sungguh.
2. Hadirkan Al-Qur'an dalam diri kita.
3. Jadikan Al-Qur'an sebagai kesenangan hati, jadikan Al-Qur'an sesuatu yang  pertama kali kita cari saat kita galau.

Cara menyikapi saat hafalan menemukan ayat-ayat yang hampir sama dalam Al-Qur'an yaitu fokus pada perbedaan,  abaikan persamaan.  Contohnya : Yaa ayyuhaladzii naa aamanu .... dalam Al-Qur'an ayat tersebut ada 88. Maka yang di hafalkan yang jadi pembedanya saja yaitu kelanjutan dari ayat tersebut.

Faktor yang bisa membuat hafalan menjadi lupa yaitu karena kita kurang mencintai Al-Qur'an dan kita lebih mencintai yang lain. Padahal Al-Qur'an lebih mencintai kita. Kita yang meninggalkan Al-Qur'an sedangkan Al-Qur'an tidak pernah meninggalkan kita.

Demikian rangkuman materi tabligh akbar yang sudah admin rangkum. semoga bermanfaat bagi kalian. jangan lupa share dan ikuti blog eksis yah... hehehe.


wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Comments

Popular posts from this blog

😢 "JIKA HIDUP SERING SUSAH, LIHATLAH SHOLAT SHUBUHMU" 😢

😢 "JIKA HIDUP SERING SUSAH, LIHATLAH SHOLAT SHUBUHMU" 😢 Waktu saya dalam kesusahan hidup, pernah kadang terbersit "Ya ALLAH, kan saya sudah melakukan semuanya, Sholat sudah, ngaji sudah, sedekah sudah kok tetap saja ada masalah???" Begitulah kita, kalo boleh demo dengan ALLAH, mungkin kita juga pernah merasakan. Ternyata kesusahan yang ALLAH hadirkan tadi karena ALLAH SAYANG dan akan memberikan HADIAH. Apa hadiahnya??? ILMU lah hadiahnya. Kalau tidak diingatkan saya tidak akan memikirkannya. Dari situlah saya coba cari tahu, apa yang salah? Saya mulai 'tafakur...' dari sekian... kesalahan dan dosa yang dilakukan, baik yang benar-benar dosa maupun dosa yang dilakukan saat ibadah. Yang mencolok adalah ketika saya sadar sholat subuh saya sering terlambat. Berawal dari guru saya cerita, beliau juga pernah babak belur waktu muda dan setelah dicek karena sholat subuhnya asal-asalan. Sehingga ketika saya diskusi ke beliau, beliau mulai dengan 1 per

Sejarah Puasa Di Zaman Nabi Muhammad SAW

Puasa bagi umat Islam memiliki makna yang sangat mendalam dalam rangka penghambaan manusia kepada Allah SWT. Puasa tidak hanya ibadah yang memerlukan peran fisik, tetapi juga memerlukan kesehatan batin, bahkan mampu menyempurnakan batin menjadi hamba yang bertakwa. Takwa yang merupakan muara akhir dari perintah puasa dijelaskan dalam Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.”  (QS. Al-Baqarah: 183) Sesuai pembahasan tema di atas, potongan ayat  كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ  (...sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian...) ini merupakan titik awal mengupas sejarah puasa, khususnya puasa Ramadhan. Singkatnya, ibadah puasa juga telah menjadi kewajiban umat-umat terdahulu yang mener

Ajari Aku Tentang Islam...

Assalamualaikum Wr Wb .. Kanjeng Sunan Kalijaga berkata kepada Sunan Bonang, : "Yaa Syeikh, ajari aku tentang islam,tidak perlu banyak2..cukup satu TITIK BA saja yg ada dalam Bismillah..." "Seluruh kandungan rahasiah Al-Qur'an ada di dalam Al-Fatihah.Dan semua yg ada dalam Al-Fatihah ada di dalam Bismillaahirrahmaanirrahiim,dan setiap kandungan yg ada dalam Bismillaahirrahmaanirrahiim ada di dalam huruf 'BA',dan setiap yg terkandung di dalam 'BA’ ada di dalam TITIK yg berada dibawah BA". Sayidina Ali bin Abi Talib kw : "Bismillaahirrahmaanirrahim itu kedudukannya sama dg "KUN" dari Allah”,bagi yg sudah memecahkan rahasiah titik dibawah huruf BA" Ketahuilah bahwa Titik yg berada dibawah huruf Ba adalah awal mula setiap surat dan Kitab Allah.Sebab huruf itu sendiri tersusun dari titik-titik, dan sudah semestinya setiap Surat ada huruf yg menjadi awalnya, sedangkan setiap huruf itu ada titik yg menjadi awalnya huruf. Titik B